91,7 Persen Mitra Pengemudi Betah dan Setia pada Grab

Para Mitra Pengemudi yang berpartisipasi dalam salah satu GrabBenefits Day yang diselenggarakan di Surabaya.

Surabaya, Bhirawa.
Survei yang dilakukan Grab Indonesia bekerja sama dengan lembaga riset Indikator, menemukan korelasi yang positif dan signifikan antara program solidaritas dan kesejahteraan yang dilakukan sepanjang kuartal empat tahun 2022 terhadap loyalitas dari Mitra Pengemudi.

Survei ini melibatkan 1.000 Mitra Pengemudi GrabBike di 7 wilayah yakni Surabaya, Medan, Palembang, Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, dan Makassar.

Hasil temuan menunjukkan bahwa Mitra Pengemudi memiliki loyalitas lebih tinggi berkat terlaksananya sembilan program utama, bahkan 91,7 persen menyebut kecil kemungkinan mereka untuk pindah ke platform ojol lain dan 83,4 persen mengaku mendapatkan perhatian yang besar dari perusahaan. Di Surabaya, 87,3 persen responden merasa bangga berprofesi sebagai Mitra Pengemudi Grab.

Country Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi mengatakan, sebagai bagian dari keluarga besar Grab Indonesia, Mitra Pengemudi memiliki peran kunci dalam ekosistem platform. Tentunya, adalah kewajiban untuk menyediakan program-program yang tidak saja dirasakan berguna Mitra Pengemudi, tapi juga sebagai bentuk dukungan serta apresiasi Grab terhadap para Mitra.

“Cukup jarang persepsi positif yang sangat tinggi seperti ini dapat tercapai. Karenanya, hasil temuan dari survei ini sangat menarik bagi kami sebagai peneliti. Terlebih, 64 persen responden hanya bergantung pada pemasukan sebagai Mitra Pengemudi sebagai sumber pendapatan utama. 85 persen responden merasa bangga menjadi Mitra Pengemudi Grab dan merekomendasikan Grab bagi mereka yang memiliki ketertarikan untuk jadi ojol,” ujarnya.

Peneliti Utama Indikator Kennedy Muslim mengatakan, efektivitas program yang diadakan Grab, lanjutnya, untuk mitra pengemudi juga berdampak sangat positif meningkatkan level kedekatan identitas dan loyalitas kepada Grab yang dianalisa sebagai driver engagement. Aspek ini kemungkinan juga diperkuat dengan perbaikan dampak ekonomi yang dirasakan oleh 89,3 persen responden dan keleluasaan dalam mengatur waktu kerja yang diinginkan oleh 92,2 persen responden.

Survei ini juga menunjukkan bahwa dari sembilan inisiatif yang dilakukan oleh Grab Indonesia di kuartal empat tahun 2022, terdapat lima program yang dirasa paling menarik oleh responden, yaitu: GrabModal Program cicilan berbunga rendah yang difasilitasi oleh Julo dan didesain khusus bagi Mitra Pengemudi ini, menjadi program terfavorit yang diketahui dan disukai oleh hampir seluruh responden.

Kedua; GrabBenefits Day, ketiga; GrabScholar: Program Beasiswa Grab, keempat; Kopdar Komunitas, kelima; Hari Mitra Grab. Selain itu, terdapat empat inisiatif lainnya yang juga menarik bagi para Mitra Pengemudi, yaitu: Forum Diskusi Mitra (Fordim), Acara Keseruan Akhir Tahun (HAJATAN), Olahraga Bersama Rutin (Laga Solidaritas), Nonton Bareng Film Indonesia di Bioskop bersama Mitra dan keluarganya (Nobar Warga Grab). [iib.bb]

Tags: