Pendekatan Creating Shared Value atau CSV, perlu dikembangkan oleh program-program CSR dari Korporasi. Ketua Umum Asosiasi GRC serta Ketua Perkumpulan Profesional Governansi Indonesia, Ahmad Daniri mengungkapkan Pertama, dari sudut pemangku kepentingan lebih mudah untuk menciptakan manfaat asalkan kita dapat memahami kepentingan dan kebutuhan mereka.
“Biasanya yang sering lebih dulu mencuat adalah, keinginan ketimbang kebutuhan. Itu sebabnya di perlukan pemetaan kepentingan stakeholder secara gamblang, termasuk kebutuhan masyarakat sekitar perusahaan. Kedua, tidak mudah mengidentifikasi manfaat untuk perusahaan, apalagi jika kurang selaras dengan strategi bisnis,” terangnya, Kamis (18/3).
Ahmad Daniri menambahkan semakin jauh dari strategi perusahaan, program CSR semakin dirasakan sebagai beban perusahaan. Sebaliknya semakin dekat dengan strategi perusahaan, semakin mudah untuk membuat program CSR yang saling memberi manfaat.[riq]