Arus Mudik Surabaya Gempol Capai 14 Persen

Kondisi ruas Tol Surabaya-Gempol, Kamis (7/6) . PT Jasa Marga Tbk Cabang Surabaya-Gempol memperkirakan lonjakan tertinggi lalu lintas mudik mencapai 14 persen.[trie diana/bhirawa]

(Arus Balik Diperkirakan Naik 28,56 Persen)

Surabaya, Bhirawa
PT Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Surabaya-Gempol mengantisipasi libur bersama mulai 11-19 Juni 2018, dan memperkirakan lonjakan tertinggi lalu lintas mudik di Tol Surabaya-Gempol mencapai 14 persen, dan 28,56 persen di arus balik.
General Manager PT Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Surabaya-Gempol AJ Dwi Winarsa mengatakan, jumlah ini mencapai 244.129 kendaraan dari rata-rata lalu lintas normal 213.891 kendaraan.
“Kami memperkirakan, setelahnya arus lalu lintas akan berangsur-angsur turun mencapai 15,54 persen,” ujarnya di Kantor Jasa Marga Cabang Surabaya-Gempol dikonfirmasi, Kamis (7/6).
Lonjakan lalu lintas yang lebih tinggi justru diperkirakan terjadi saat arus balik lebaran di Tol Surabaya-Gempol, yang mana peningkatan jumlah kendaraan mencapai 28,56 persen dari lalu lintas normal.
Ia juga menjelaskan, ada beberapa titik rawan antrean kendaraan di Tol Surabaya-Gempol. Yakni di Gerbang Tol (GT) Sidoarjo 2, GT Kejapanan 1, dan GT Kejapanan 2. “Peningkatan lalu lintas diperkirakan terjadi dari H-7 sampai H+8 Lebaran,” katanya.
Jasa Marga juga telah menyiapkan beberapa antisipasi. Salah satunya dengan menambah jumlah gardu, di antaranya menambah satu gardu reversibel (bolak-balik) di Gerbang Tol Sidoarjo 1 untuk kendaraan yang menuju ke arah Porong, dan dua gardu tambahan di Gerbang Tol Kejapanan 1.
Kebijakan penambahan gardu ini ditujukan untuk mengurai antrean kendaraan disertai dengan rekayasa lalu lintas. Penerapannya, bila terjadi antrean panjang menjelang Gerbang Tol Sidoarjo 2, maka kendaraan akan dialihkan ke Sidoarjo 1.
Sedangkan bila terjadi antrean menjelang Gerbang Tol Kejapanan 2, maka arus lalu lintas akan dialihkan keluar gempol menuju porong lama. Demi memperlancar aliran kendaraan, Jasa Marga akan menempatkan petugas tapping e-Tol di beberapa gerbang rawan antrean. Antara lain di Dupak 3, Sidoarjo 2, Kejapanan 1, dan Gempol 1.
Sementara itu, Dwi Winarsa mengatakan, pemudik tidak perlu mengkhawatirkan perkerasan jalan, karena saat ini kondisi jalan Tol Surabaya-Gempol sangat baik untuk dilalui kendaraan pemudik. Pengerjaan perkerasan jalan atau scrapping filling sudah selesai H-10 lebaran, dan Tim Pitching juga siap melakukan perbaikan penambalan jalan dalam waktu 2 kali 24 jam.
Pada arus mudik dan balik lebaran 2018 ini, rest area atau tempat istirahat juga menjadi perhatian khusus Jasa Marga Cabang Surabaya-Gempol. Berbagai antisipasi sudah disiapkan. Jasa Marga akan mengoptimalkan pos pelayanan di Rest Area serta menempatkan beberapa petugas pengatur aliran kendaraan dan parkir ke tempat makan dan tempat istirahat. [rac]

Tags: