Azan TV Berhasil Raih Indonesia Top Digital PR Award 2019

PR & Brand Communications Manager PT Sharp Electronics Indonesia, Pandu Setio saat menerima Indonesia Top Digital PR Awards 2019.

(Strategi PR Sharp Indonesia di Kanal Digital)

Surabaya, Bhirawa
PT Sharp Electronics Indonesia mulai menyiasati strategi baru dengan mengandalkan digital Public Relations yang dikelola melalui akun sosial media dan website untuk mengimbangi penyebaran arus informasi yang semakin cepat. Dengan interaksi yang dikemas menarik dan responsif melalui sosial media, Sharp Indonesia berusaha membangun kedekatan sebagai merek elektronik andalan dengan konsumennya.
PR & Brand Communications Manager PT Sharp Electronics Indonesia, Pandu Setio mengungkapkan atas upaya tersebut, Sharp Indonesia sukses mendapat pengakuan melalui Indonesia Top Digital PR Awards 2019. Secara spesifik, penghargaan ini diberikan untuk kategori LED TV yang banyak diperbincangkan di mesin pencari, sosial media, hingga portal berita.
Di era digital seperti ini, semua karyawan dapat menjadi PR bagi perusahaannya. Selain tentunya mengajak karyawan Sharp Indonesia agar lebih aktif dalam menyebarkan informasi mengenai Sharp dalam sosial media masing-masing.
“Tidak hanya dalam menyebarkan berita, kami pun berusaha untuk mengontrol interaksi yang masuk hingga kami dapat menjaga konten informasi dengan baik. Usaha bersama inilah yang berhasil membawa kami sebagai salah satu merek yang berhasil menang di dunia digital PR,” terangnya, Rabu (30/1).
Bulan Oktober 2018 adalah momen di mana Sharp meluncurkan jajaran LED TV terbaru dengan benaman fitur Azan. Guna meningkatkan kesadaran konsumen akan produk tersebut, Sharp Indonesia menggunakan kanal digital untuk mengedukasi konsumen akan fitur azan dan fitur lainnya. “Dengan memanfaatkan akun perusahaan, Sharp pun membuat kampanye agar karyawan pun dapat memperkenalkan produk ini melalui akun media sosial pribadinya,” ujar Pandu.
Indonesia Top Digital PR Awards 2019 diukur melalui tiga parameter dengan bobot yang berbeda, diantaranya aspek digital media (50%), social engagement (35%), hingga digital mention (15%) terhadap lebih dari 800 merek.
Digital media mewakili banyaknya pemberitaan yang muncul mengenai Sharp Indonesia, social media engagement untuk melihat interaksi antara merek dan konsumen dan yang terakhir digital mention untuk mengukur seberapa banyak konsumen yang menyebut merek Sharp Indonesia.
“Dari hasil temuan tersebut, Sharp Indonesia terlihat dibicarakan oleh lebih dari 10.000 pengguna pada sosial media Facebook. Perbulannya, Facebook Fan Page milik Sharp Indonesia juga berhasil memiliki engagement lebih dari 60.000 dan lebih dari 50.000 di Instagram.
Tak hanya mengemas akun sosial medianya dengan konten yang menarik, Sharp Indonesia kini juga tengah gencar dalam mengedukasi konsumen untuk menggunakan alamat website terbaru yaitu www.id.sharp. “Hadirnya tampilan yang lebih modern dalam website SHARP Indonesia akan memudahkan konsumen dalam mencari produk-produk terbaru,” katanya.
Sehingga bagi konsumen yang selesai memilih dan membaca spesifikasi produk dalam website Sharp Indonesia juga akan langsung diarahkan dengan opsi pembelian produk baik online maupun offline. Untuk pembelian online, konsumen akan diarahkan dengan e-commerce partner Sharp, sedangkan pembelian offline akan menunjukan lokasi toko-toko terdekat.
“Saat ini, ada banyak peluang dan cara yang kami manfaatkan untuk menjaga kepercayaan konsumen terhadap merek Sharp Indonesia. Dari sosial media, website, hingga aplikasi Sharp ID juga terus kami tawarkan untuk memudahkan konsumen dalam menjangkau produk Sharp. Semoga kemudahan-kemudahan yang kami berikan, dapat membuat kami terus unggul di antara produsen elektronik lainnya,” pungkas Pandu. [riq]

Tags: