Azka.Subhan: Artcofest Dorong Pertumbuhan Ekonomi Penggiat Kopi

Kepala BI Malang Azka.Subhan Aminurrido, bersama para penggiat kopi di Malang.

Kota Malang, Bhirawa
Komitmem Bank Indonesia (BI) untuk  mendorong laju pertumbuhan ekonomi melalui pengelolaan Current Account Deficit (CAD) atau defisit transaksi berjalan. Event kolaborasi ‘Artcofest 2019’ bersama Universitas Brawijaya UB dan Penggiat Kopi Malang Raya (Petani kopi, Coffee Shop, Roastery, dan Pemerintah Daerah), salah satu  upaya mendorong pertumbuhan ekononomi di Malang.
Azka Subhan Aminurrido Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang,  mengutarakan,   festival ini dapat mengangkat seluruh potensi lokal yang ada, seperti: petani lokal, coffee shop lokal, roaster lokal, seniman lokal, desain grafis lokal, dan lain-lain.
“Hal ini dilakukan untuk mengangkat potensi lokal yang ada sebagai kekuatan baru perekonomian. Semoga kopi indonesia dapat lebih berjaya, dan Artcofest menjadi sejarah baru bagi majunya industri kopi lokal untuk berjaya,”ujar Azka Subhan di Amtirdam Kafe Senin 4/11 kemarin.
Artcofest sendiri akan diselenggarakan pada tanggal 30 November – 1 Desember 2019 bertempat di Gedung Samantha Krida UB. Rangkaiannya yakni Galeri Kopi Nusantara, Pameran & Live Art Seni Kopi, Pasar Kopi, dan Sunmori (Sunday Morning Ride) yang di organize oleh Malang Brompton Lovers.
Event ini tidak sekedar pameran kopi, tetapi  juga akan menampilkan serangkaian Seminar (Coffee Talks, Business Talks) serta Esspreshort talks (diskusi ringan) mengenai Branding dan Packaging (oleh Papang Kingdom pembuat Maskot Kota Malang Osiji), Photography Workshop (oleh Alex Setiawan), Roasting Science (oleh Mas Iwan Inikopi), serta Launching Buku Kopi “Sains Kopi Nusantara”  Wenny B Sunarharum PHd dan beberapa pengajar dari UB.
Selain itu, juga akan diselenggarakan  kegiatan Road to Artcofest berupa kompetisi Vlog Kopi dan kompetisi Fotokopi yang didukung oleh Kondimen Malang.
Selain itu, juga ada kompetisi “Manual Brew” dengan standar internasional (WBRC), yang bertujuan untuk mencetak bibit-bibit baru Barista Lokal dan juga menghadirkan sebuah “ambience” dunia atas kopi-kopi lokal Indonesia yang berkualitas.
Azka menambahkan Artcofest ini menghadirkan seluruh stakeholders kopi untuk saling mengenal satu dengan yang lain, sehingga diharapkan dalam event ini dapat dipertemukan para pecinta kopi, dengan petani, akademisi kopi, roaster, barista, coffee shop dan pelaku bisnis kopi lainnya.
Patut diketahui BI Malang juga melaksanakan program pengembangan UMKM berorientasi ekspor yakni komoditas kopi yang ada di wilayah Malang Raya dan Pasuruan. Ini dilakukan untuk mendukung pengembangan ekspor serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.
Dalam pengembangan  UMKM lanjutnya, diterapkan pendekatan end to end process, dimana BI tidak hanya melakukan pendampingan dan memfasilitasi perbaikan dari sisi produksi, namun juga melakukan perbaikan dalam bidang manajemen, melatih kewirausahaan, sekaligus memfasilitasi akses perbankkan dan perluasan akses pasar. [mut]

Tags: