Bersama Pelanggan, KAI Peringati HUT Ke-76 RI

Petugas KAI saat verifikasi berkas pelanggan KA di Stasiun Surabaya Pasarturi dengan menggunakan dresscode kemerdekaan.

Surabaya, Bhirawa
Bersama-sama pelanggan di kereta api dan stasiun, PT KAI Daop 8 memperingati Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021.

“KAI ingin tetap menghadirkan nuansa peringatan HUT RI bagi pelanggan sebagai wujud nasionalisme KAI dalam menyediakan konektivitas dan transportasi bagi masyarakat Indonesia,” terang Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, Selasa (17/8).

Luqman menambahkan peringatan HUT RI dilakukan secara serentak bersama dengan seluruh pelanggan yang melakukan perjalanan pada 17 Agustus 2021 pukul 10.17 s.d 10.20 serta pelanggan yang berada di stasiun-stasiun wilayah Daop 8.

Sementara pelanggan diinstruksikan melalui pengeras suara untuk berdiri dan melakukan penghormatan pada saat memasuki detik-detik Proklamasi, pelanggan kemudian mendengarkan pemutaran rekaman pembacaan teks Proklamasi dan lagu Indonesia Raya.

Selain itu, Daop 8 juga membagikan souvenir kepada pelanggan KA yang melalukan perjalanan di beberapa KA, yaitu KA Argo wilis, KA Argo Anggrek, KA Gajayana, KA Jayabaya dan KA Jayakarta.

“Meski dilakukan secara sederhana namun peringatan HUT RI tetap berjalan dengan khidmat dan mematuhi protokol kesehatan,” ujar Luqman.

Sementara itu respon masyarakat pun sangat antusias, haru dan bangga ketika mengikuti peringatan HUT RI di Stasiun dan kereta. Untuk semakin menguatkan momen HUT RI, petugas di stasiun dan di atas kereta api juga menyelipkan kalimat ‘Dirgahayu Republik Indonesia Ke-76 tahun. Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh’ di tiap akhir pengumuman.

Tak hanya itu, para petugas frontliner yang terdiri dari petugas customer service on station, ticketing officer, dan announcer di stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Surabaya Pasarturi dan Stasiun Malang mengenakan pakaian bernuansa kemerdekaan Republik Indonesia.

Luqman berharap dengan dilangsungkannya peringatan HUT RI di dalam kereta dan di stasiun, dapat menumbuhkan nasionalisme kepada masyarakat khususnya pelanggan KAI.

Adapun di masa pandemi Covid-19 ini, KAI terus konsisten menerapkan disiplin protokol kesehatan dengan ketat untuk menjadikan kereta api sebagai transportasi yang aman, nyaman, dan sehat bagi masyarakat.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, pelanggan dapat ikut merasakan semangat nasionalisme melalui transportasi kereta api,” pungkas Luqman. [riq]

Tags: