Di Lumajang Terdeteksi 16 Pengidap HIV/AIDS

hiv-curtLumajang, Bhirawa
Penderita HIV/AIDS di Kabupaten Lumajang masih terus ditemukan. Berdasarkan data yang ada untuk tahun 2014 ini terdapat 16 penderita penyakit yang masih belum ditemukan obatnya ini. ”Penyebaran virus HIV AIDS mengalami penurunan tajam, 2013 penderita HIV/AIDS di Lumajang sebanyak 60 penderita, sedangkan terhitung sampai dengan bulan Maret tahun 2014, turun menjadi 16 orang,” kata Sulsum Wahyudi, SKM Kepala Dinkes Kabupaten Lumajang.
Instansinya Meski demikian trendnya mengalami peningkatan dari tahun-ke tahun. ”Sehingga hal ini yang menjadi perhatian untuk melakukan upaya pencegahan melalui program yang diterapkan,” lanjut Sulsum Wahyudi.
Lebih lanjut Sulsum mengungkapkan, pihaknya sudah merancang¬† untuk mengurangi penyebaran HIV/AIDS. ”Di antaranya melakukan pemeriksaan dini terhadap 6 ribu ibu hamil di seluruh Kabupaten Lumajang,” paparnya.
Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi secara dini penyebaran virus HIV/AIDS dengan pola penyebaran suami terhadap istri. Penyebaran HIV/AIDS ini berkaitan dengan perilaku. Pola penularannya dimulai dari perilaku masyarakat, yang diakibatkan beberapa penyebab seperti perilaku seksual dengan melakukan seks bebas dan penggunaan narkoba. [yat]

Tags: