Layanan Data Terus Dorong Pencapaian Kinerja PT XL Axiata

Pendapatan kotor XL Axiata meningkat 7% dengan kontributor utamanya dari layanan data.

Surabaya, Bhirawa
Sepanjang tahun 2017, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah berhasil mencatat kinerja yang kuat bahkan di akhir tahun 2017, telah tercatat pendapatan kotor meningkat 7% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, dengan pendapatan dari layanan data sebagai kontributor utamanya.
Keberhasilan ini terutama ditentukan oleh tiga hal, yaitu strategi ‘Dual Brand’ yang tepat, terus berlanjutnya perluasan jaringan ke wilayah-wilayah dengan permintaan yang tinggi, serta pertumbuhan yang kuat pada pendapatan dan dan trafik dari wilayah luar Jawa.
Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini saat dikonfirmasi Bhirawa, Minggu (4/2) kemarin mengungkapkan pencapaian sepanjang 2017 ini menunjukkan transformasi bisnis yang di lakukan sejak 2015 sudah tepat dan berhasil memperkuat bisnis layanan data sebagai tumpuan perusahaan. “Salah satu indikatornya adalah pendapatan bisnis layanan data yang semakin besar memberikan kontribusi bagi pendapatan perusahaan, yang saat ini mencapai 69% dari tahun sebelumnya sebesar 48%,” jelasnya.
Dian menambahkan keberhasilan penerapan strategi ‘Dual Brand’ ditunjukkan dengan semakin meningkatnya jumlah pelanggan yang menggunakansmartphone serta terus meningkatnya trafik layanan data. Sebagai salah satu agenda utama dalam transformasi bisnis, brand XL telah mampu membangun daya tarik dan meraih kepercayaan dari kalangan pekerja, baik pekerja kantoran maupun pekerja di sektor informal.
Sementara itu, daya tarik yang ditawarkan brand AXIS mampu merebut kepercayaan dari segmen anak-anak muda. Kedua brand tersebut berhasil menawarkan produk layanan data yang sesuai dengan harapan masing-masing segmen.
“Tercatat sebanyak 72 persen dari total pelanggan atau sebanyak 38,3 juta pelanggan telah menggunakan smartphone. Angka ini meningkat 32% dari capaian tahun lalu seiring dengan terus semakin baiknya kualitas layanan Data dan pembangunan jaringan data,” terangnya.
Hingga akhir tahun 2017, jumlah pelanggan yang aktif mengkonsumsi layanan data juga telah mencapai 73%. Terus tumbuhnya jumlah pelanggan yang mengakses layanan data mampu mendorong kenaikan trafik layanan data hingga 2x, mengalami peningkatan sebesar 148 persen YoY.
Untuk investasi jaringan, pihaknya secara berkelanjutan telah melanjutkan pembangunan jaringan data baik untuk meningkatkan kualitas layanan maupun perluasan jangkauan layanan. Sebagai hasilnya, saat ini jaringan 4G LTE XL Axiata telah menjangkau 360 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia, ditopang oleh lebih dari 17.000 BTS 4G dan hampir 46.000 BTS 3G.
Sementara itu, secara total, jumlah BTS hingga akhir 2017 tercatat sebanyak 101.094 BTS, naik 20% YoY. Sepanjang 2017, telah dibangun lebih dari 16.000 BTS. Hal ini telah menempatkan XL Axiata menjadi pilihan bagi pelanggan data dan pengguna smartphone.
Melalui parameter Net Promoter Score (NPS) menunjukkan adanya peningkatan penilaian terhadap berbagai atribut khususnya yang terkait dengan meningkatkan persepsi positif pelanggan terhadap kualitas layanan data khususnya untuk jangkauan layanan dan kekuatan sinyal.
Dalam pembangunan jaringan data tersebut, wilayah di luar Pulau Jawa mendapatkan perhatian besar. Dari total BTS yang dibangun sepanjang 2017, 60% di antaranya berada di luar Jawa. Pembangunan jaringan data di luar Jawa berhasil meningkatkan kualitas layanan dan juga perluasan wilayah layanan.
“Upaya XL Axiata kali ini telah mendapatkan sambutan yang sangat baik dari masyarakat dan pelanggan. Dampak positifnya adalah penawaran paket-paket layanan yang inovatif dengan banyak manfaat juga menuai hasil yang sangat baik dari pelanggan. Hal inilah yang kemudian mendorong terus meningkatnya trafik data di luar Jawa secara signifikan,” ujar Dian. [riq]

Tags: