Liburan Tahun Baru, Trafik 4G LTE XL Axiata Meningkat 300 Persen

XL Axiata siapkan jaringan dengan kapasitas yang memadai sehingga bisa menampung kenaikan trafik hingga 2 kali lipat dibandingkan hari-hari biasa.

Surabaya, Bhirawa
Trafik layanan data PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) saat liburan pergantian tahun 2017/2018 mengalami peningkatan yang melebihi trafik di hari biasa dan trafik di periode yang sama tahun lalu. Peningkatan trafik data terjadi sepanjang 28 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018.
Selama 5 hari tersebut, trafik data secara rata-rata meningkat dari hari-hari biasa dan puncaknya pada malam pergantian tahun baru hingga tanggal 1 Januari 2018 yang mencapai sekitar 20%. Kenaikan trafik data mencapai 160% di tanggal 1 Januari 2018, bahkan untuk trafik layanan 4G LTE mencapai 300% di tanggal yang sama.
Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya saat dikonfirmasi Bhirawa, Kamis (4/1) kemarin mengungkapkan trend kenaikan trafik akses video melalui layanan YouTube di liburan Natal, berlanjut pada periode pergantian tahun mencapai kenaikan 15 kali lipat. Sementara kenaikan trafik berbagai layanan data terjadi di sebagian besar wilayah layanan XL Axiata.
Hal ini juga merupakan hasil dari upaya sepanjang tahun 2017, dimana XL Axiata secara masif telah memperluas jangkauan jaringan internet cepat, baik 3G U900 maupun 4G LTE di berbagai daerah termasuk di ratusan kota/kabupaten di luar Jawa.
“Selain akses ke layanan data dan video streaming dan social media menjadi pendorong utama kenaikan trafik tersebut, kenaikan trafik yang kami raih juga tidak terlepas dengan semakin nyamannya pelanggan menggunakan layanann 4G LTE di berbagai daerah,” jelasnya.
Yessie menambahkan hingga akhir Desember 2017, kota/kabupaten yang telah terjangkau layanan internet berkecepatan tinggi ini telah mencapai 360 kota, dengan jumlah pelanggan yang tentu juga terus meningkat. Dengan 4G LTE, akses ke konten-konten video dan film menjadi semakin baik dan nyaman untuk dinikmati.
Pelanggan XL Axiata juga mengisi liburan panjang Natal dan berlanjut Tahun Baru 2018 dengan beraktivitas melalui beragam sosial media. Facebook, Twitter, Instagram, LINE, dan Youtube masih menjadi tempat masyarakat dan pelanggan XL Axiata untuk menghabiskan aktivitasnya di dunia digital.
Secara rata-rata, akses ke media sosial berbagai platform tersebut naik sebesar 15%, di mana di puncak malam tahun baru kenaikannya mencapai sekitar 60%. Akses ke aplikasi Whatsapp menjadi yang paling tinggi kenaikannya, mencapai 70% bahkan di malam tahun baru naik sampai dengan 1.000% dibandingkan malam biasanya.
Sementara terkait area dengan kenaikan trafik tertinggi berada di wilayah Central Java dan West Java yang menyumbang kenaikan tertinggi dengan 29% dan 21%. Untuk wilayah kota besar lainnya di luar Jawa seperti Medan naik sekitar 5%, Makassar, 4%, Palembang 21%, Pontianak 22% dan Lampung 22 %. Sementara itu, di daerah tujuan wisata utama Bali, terjadi kenaikan sebesar 24%, Yogyakarta 27%, Bandung 13%.
“XL Axiata telah menyiapkan jaringan dengan kapasitas yang memadai sehingga bisa menampung kenaikan trafik hingga 2 kali lipat dibandingkan hari-hari biasa. Selain itu, XL Axiata juga telah menyiapkan teknologi jaringan canggih yang akan bisa mengalihkan kepadatan trafik di suatu tempat ke tempat lain yang lebih longgar,” terangnya.
Sehingga semua aktivitas jaringan XL Axiata akan bisa terpantau melalui suatu monitoring center yang berada di Jakarta dan beberapa kota lain. Melalui monitoring ini, petugas jaringan XL Axiata bisa langsung mendeteksi jika terjadi suatu kepadatan di suatu lokasi atau bahkan juga suatu permasalahan. Dengan demikian, tindakan pencegahan atau penanganan lebih lanjut bisa segera dilakukan.
Sedangkan untuk strategi antisipasi kenaikan trafik oleh XL Axiata juga menyesuaikan dengan pergerakan masyarakat sepanjang liburan. “Untuk itu, XL Axiata melakukan antisipasi dengan memperkuat jaringan di daerah-daerah yang diprediksi akan terjadi kenaikan secara signifikan, antara lain daerah tujuan wisata popular, seperti Bandung, Yogyakarta, dan Bali. Selain itu juga menyasar ke lokasi-lokasi tujuan wisata dan pusat keramaian seperti pusat-pusat perbelanjaan,” ujar Yessie.
Sementara itu trafik layanan data XL Axiata pada Hari Raya Natal juga mengalami peningkatan yang melebihi trafik di hari biasa. Peningkatan trafik data terlihat terjadi di sepanjang 3 hari sebelum Natal, 25 Desember 2017, hingga 2 hari setelahnya.
Trafik data secara rata-rata meningkat lebih dari 5% dari hari-hari biasa dan paling tinggi kenaikannya adalah di tanggal 25 Desember 2017 dengan kenaikan yaitu 9%, dibandingkan dengan periode Natal tahun lalu, trafik layanan data meningkat sebesar 146%. Akses ke layanan data dan video streaming menjadi pendorong utama kenaikan trafik tersebut.
“Dari pemantauan kami, puncak kenaikan trafik data terjadi sejak malam Natal dan sehari setelahnya. Pelanggan terlihat melakukan akses ke media sosial secara lebih intens. Mungkin pada mengucapkan Selamat Natal, selain secara verbal tertulis, juga dengan melakukan video call. Layanan video call memang saat ini memungkinkan dilakukan dengan kualitasyang lebih baik di lebih banyak daerah karena semakin luas jaringan internet cepat 4G LTE XL Axiata,” katanya.
Terkait area dengan kenaikan trafik tertinggi, wilayah Yogyakarta menyumbang kenaikan tertinggi dengan 24%. Untuk wilayah dengan komunitas pemeluk Nasrani lebih banyak seperti Sumatera Utara dan Sulawesi, kenaikan masing-masing mencapai 19% dan 7%.
“Facebook, Twitter, Instagram dan Youtube masih menjadi tempat masyarakat dan pelanggan XL Axiata untuk menghabiskan aktivitasnya di dunia digital. Secara rata-rata, akses ke media sosial berbagai platform naik sebesar 15%,” pungkasnya.
Dari ragam media sosial itu, mereka juga mengakses informasi berita yang disediakan media, menyampaikan pesan pribadi, chatting, bahkan juga melakukan belanja. Untuk kaum muda banyak mengakses layanan video di Youtube, juga akses ke video atau film juga banyak dilakukan di website atau aplikasi penyedia video on demand antara lain iflix. [riq]

Tags: