Puskesmas Sumobito Jombang Komitmen Terus Lakukan Upaya Peningkatan Pelayanan

Kepala Puskesmas Sumobito, Jombang, dr. Hexawan Tjahja Widada bersama seluruh karyawan Puskesmas Sumobito.

Jombang, Bhirawa
Puskesmas Sumobito, Kabupaten Jombang telah mendapatkan penghargaan sebagai peringkat 1 Puskesmas yang berkomitmen dalam Peningkatan Mutu Pelayanan JKN tahun 2023 Tingkat Kantor Cabang Mojokerto.

Kepuasaan pasien merupakan salah satu tujuan dari peningkatan kualitas pelayanan. Kepala Puskesmas Sumobito, Jombang, dr. Hexawan Tjahja Widada mengatakan, Puskesmas Sumobito terus-menerus melakukan upaya-upaya peningkatan mutu pelayanan seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi.

“Upaya yang dilakukan dalam peningkatan mutu pelayanan JKN yaitu dengan mempermudah akses pelayanan bagi masyarakat,” kata dr. Hexawan Tjahja Widada, Selasa (24/10).

Di antaranya yakni dengan :
1. Antrian Online melalui JKN Mobile: bagi masyarakat yang menggunakan Aplikasi Mobile JKN dapat menggunakan antrian Online melalui Aplikasi sebelum periksa ke Puskesmas.
2. Antrian Online SantrineMasjo : Selain melalui aplikasi Mobile JKN, Puskesmas Sumobito juga melayani pasien yang menggunakan Antrian Online Santrinemasjo. Antrian online ini tidak perlu menggunakan aplikasi ,cukup dengan membuka web dan langsung bisa daftar online dengan mengisi identitas pasien.
3. KonsulDOK : Layanan konsultasi online dengan tenaga medis Puskesmas melalui JKN Mobile atau nomor WA petugas.
4. Adanya Nomor Antrian Kelompok Prioritas : Nomor antrian kelompok prioritas seperti ibu hamil dan lansia dibedakan agar waktu pelayanan lebih efektif dan efisien.
5. Pojok JKN : Layanan untuk skrining kesehatan peserta BPJS/JKN dan layanan konsultasi seputar BPJS/JKN.
6. SIPP (Saluran Informasi Penanganan Pengaduan) : Masyarakat dapat mengakses melalui nomor WA petugas yang menangani pengaduan secara online. SIPP melayani informasi kepesertaan BPJS/JKN, Pendaftaran bayi baru lahir, Update data pribadi (nama, TTL, alamat, No. HP) dan pengaduan pasien.

Selain peningkatan mutu pelayanan JKN, Puskesmas Sumobito juga meningkatkan mutu pelayanan dengan memperbaiki dan menambah sarana dan prasarana sesuai dengan kebutuhan masyarakat, seperti :
1. Tersedia ruang tunggu, ruang rawat inap yang full AC.
2. Pintu masuk dan keluar otomatis untuk memudahkan akses masuk dan keluar pasien terutama pada kelompok prioritas.
3. Tempat bermain anak: untuk menciptakan Puskesmas Ramah Anak.
4. Tempat sholat bagi pasien/ keluarga pasien.
5. Saat ini Puskesmas telah melayani USG bagi ibu hamil yang usia kandungan TM1 dan TM 3 secara gratis.

Dikatakan Kepala Puskesmas Sumobito, peningkatan mutu pelayanan di Puskesmas Sumobito tidak hanya fokus pelayanan dalam gedung saja, tetapi juga peningkatan mutu pelayanan luar gedung yang mengutamakan program promotif dan preventif.
Adanya inovasi yang mendukung program promotif dan preventif di Puskesmas Sumobito :
1. SI SEKSI (Siap Sedia Kendalikan Hipertensi) : Upaya deteksi dini Hipertensi di masyarakat melalui Posbindu dan Posyandu.
2. CERAMAH (Cegah Merokok dalam Rumah) : Upaya intervensi PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) di masyarakat indikator merokok.
3. Diharapkan masyarakat yang merokok merubah kebiasaan untuk tidak merokok di dalam rumah.
4. TALI RASA (Tangani Limbah dan Sampah Rumah Tangga) : Penanganan Limbah dan sampah rumah tangga.
5. GEMAS ASIK ( Gerakan Remaja Sehat Agamis, Inovatif dan Kreatif) : Kegiatan pemberdayaan masyarakat usia remaja sebagai upaya promotif dan preventif terhadap masalah kesehatan remaja.
6. GADIS CENTING (Gerakan Deteksi Dini Cegah Stunting) : Pengukuran tinggi Baduta dengan bambu untuk deteksi dini Stunting di masyarakat
7. Inovasi terbaru yaitu, TERAPI BANTING (Temukan, Rujuk, dampingi Balita Stunting) :Balita stunting, balita yang BGM,BGT dirujuk ke Puskesmas secara gratis untuk mendapatkan pemeriksaan terpadu Dokter, Perawat dan Ahli gizi dan mendapatkan kartu pemantauan pertumbuhan dan perkembangan. Sebagai upaya penanggulangan dan penurunan stunting di wilayah kerja Puskesmas Sumobito. [rif.adv]

Tags: