Wani Lokal, Mahasiswa Stikosa AWS Beberkan Strategi Digital Marketing UMKM Naik Kelas

Surabaya, Bhirawa
Persaingan bisnis modern masa kini berubah cepat. Media sarana promosinya pun mengalami pergeseran. Transformasi digital memaksa semua pelaku usaha harus lekas berbenah, termasuk kalangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Atas dasar itu, Mahasiswa Stikosa-AWS menggelar Talk Show Wani Lokal dengan menghadirkan ratusan pelaku UMKM di Surabaya di BG Junction Mall lantai 2, Bubutan Surabaya, Minggu (30/7) kemarin.

Maya Sofyan, mahasiswa Stikosa AWS selaku narasumber menjelaskan bahwa event Wani Lokal digelar dengan semangat untuk mengajak UMKM naik kelas dengan strategi digital.

“Dengan tagline rasa lokal bangga global harapannya adalah pelaku UMKM bisa menjadikan produknya naik di pasar nasional. Disamping itu juga memotivasi sekaligus meniru strategi digital branding,” ungkapnya.

Perempuan kelahiran 1998 ini mengatakan strategi branding digital yang digunakan sekarang adalah konsisten membangun citra brand melalui konten melalui media sosial.

“Strategi branding digital yang aku gunain adalah konsisten membangun citra brand lewat konten yang aku buat lewat Instagram dan TikTok, tidak lupa juga kerjasama KOL (influencer) sebagai representatif produk ke target audiens,” jelasnya.

Komunitas UMKM yang sebagian besar dihadiri ibu-ibu ini tampak antusias mengikuti acara bertajuk “Wani Lokal x Benidson: UMKM siap Go Global dengan Strategi Branding Digital Marketing”. Acara ini menghadirkan dua narasumber, yakni Maya Sofyan, Brain Behind of Mars Indonesia dan Noris Warisman, Sneakers & Lokal Brand Enthusiast.

Kepala Badan Administrasi Akademis & Kemahasiswaan (BAAK) yang juga Dosen matakuliah MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition), Riesta Oktarina, M.I.Kom mengatakan, acara ini merupakan salah satu syarat wajib Ujian Akhir Semester (UAS) untuk mata kuliah tersebut. “Nilai dari UAS diperhitungkan dari out-put penyelenggaraan acara,” katanya.

Hal yang sama ditegaskan oleh Pjs. Ketua Stikosa-AWS, Dr. Jokhanan Kristiyono, ST.,M.Med.Kom saat memberikan sambutan. Menurutnya, mata kuliah MICE sudah ada di Stikosa-AWS sejak 2017.

Hal ini, kata Jokhanan untuk membekali mahasiswa bagaimana merancang dan menyelenggarakan acara dengan baik. Dalam kesempatan tersebut, pihaknya mengajak seluruh komunitas UMKM untuk bekerja sama. “Stikosa AWS sangat terbuka untuk memberikan pelatihan digital marketing dan pendampingan UMKM’” ujarnya bersemangat.

Banyak pertanyaan yang dilontarkan kepada dua narasumber. Maya Sofyan menceritakan awal mula jatuh bangun membangun usaha.

“Produk kita dibeli, walaupun oleh satu orang, rasanya senang banget dan jadi semangat” katanya.

Sedangkan ketua penyelenggara, Baiq Herawati, menyatakan rasa senangnya bahwa acara yang didukung oleh 11 orang temannya ini berlangsung sukses.

Sementara itu sehari sebelumnya, Sabtu (29/7), BEM Stikosa-AWS menyelenggarakan Futsal Fun Match di GOR kampus Stikosa-AWS, diikuti oleh tiga klub futsal kampus, yakni Stikosa-AWS, Unitomo dan Institut Kesehatan & Bisnis Surabaya (IKBIS).

Acara ini merupakan latihan bersama, bertujuan untuk menjalin persahabatan dengan sesama grup futsal kampus. Menurut Ketua BEM Stikosa-AWS, Bobby Firman, acara semacam ini akan diadakan lagi dengan jumlah grup futsal kampus yang lebih banyak. [geh]

Tags: