Dilantik dengan Masa Jabatan Singkat, Gubernur Khofifah Harap Bupati Probolinggo Maksimalkan Perencanaan Penganggaran 2024

Pemprov, Bhirawa
Hanya untuk waktu beberapa hari saja, Timbul Prihanjoko dilantik menjabat Bupati Probolinggo. Pelantikan dan sumpah jabatan tersebut dilakukan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa atas nama Presiden RI di Gedung Negara Grahadi, Rabu (6/9).

Singkatnya masa jabatan Timbul ini lantaran pada 24 September mendatang, Gubernur Khofifah akan kembali mengangkat Pj Bupati Probolinggo. Pengangkatan Pj tersebut sekaligus menandai akhir masa jabatan Timbul.

Kendati cukup singkat, Gubernur Khofifah tetap berharap kinerja Bupati Probolinggo tetap dimaksimalkan. Sebab, pekan-pekan terakhir ini merupakan masa yang substantif dan strategis untuk mempersiapkan dengan pembangunan Probolinggo di 2024 mendatang.

“Waktunya memang pendek, tetapi ini saat-saat yang menentukan bagi pembangunan Probolinggo tahun 2024 mendatang. Karena pembangunan tahun depan ditentukan oleh konstruksi APBD yang saat ini dibahas rancangannya sekaligus P-APBD 2023,” ujar Khofifah.

Oleh karena itu, pesan Khofifah, jangan dilihat dari masa yang singkat, tapi tugas yang substantif dan strategis. “Maka tetap harus pada spektrum pembangunan Probolinggo 2024 terkelola dengan baik,” ujar dia.

Untuk diketahui, Timbul sebelumnya telah menjabat dua bulan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati sekaligus Wakil Bupati Probolinggo.

“Secara sah beliau telah mendapatkan SK dari Kemendagri, jadi tugas gubernur atas nama Presiden melakukan pelantikan dan sumpah jabatan,” ujar orang nomor satu di Jatim tersebut.

Lebih lanjut Khofifah mengatakan, saat ini Pemprov tengah menunggu hasil keputusan dari Tim Penilai Akhir (TPA) terkait pengkatan Pj kepala daerah. Sebelumbya, Pemprov telah mengusulkan nama-nama Pj kepala daerah ke Kemendagri pada 8 Agustus lalu. “Selanjutnya kita menunggu dari TPA yang dipimpin langsung oleh Presiden,” tutur dia.

Adapun gelombang pertama pengangkatan Pj kepala daerah yang akan dilakukan pada 24 September mendatang ialah Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Magetan, Kabupaten Madiun, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Jombang, Kota Malang.

Sementara itu Bupati Probolinggo definitif Drs HA Timbul Prihanjoko mengucapkan terima kasih atas dukungan seluruh stakeholder dan segenap lapisan masyarakat Kabupaten Probolinggo yang selama ini sudah bahu membahu membangun Kabupaten Probolinggo.

“Harapan saya kedepannya selalu bersama dan terus berkelanjutan membangun Kabupaten Probolinggo menuju lebih baik,” ungkapnya. [tam.iib]

Tags: