Inovasi SIPRAJA Sidoarjo Melaju di TOP 45 Kompetisi Layanan Publik KemenPAN RB

Wabup Sidoarjo, Subandi, didampingi OPD terkait, usai melakukan presentasi dan wawancara secara virtual dengan tim juri TOP 45 KemenPAN RB. [ali/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Inovasi pelayanan publik milik Pemkab Sidoarjo, Sipraja, kepanjangan dari sistim pelayanan rakyat Sidoarjo, kini dalam proses menuju Top 45, kompetisi inovasi pelayanan publik tingkat Nasional tahun 2022. Wakil Bupati Sidoarjo, Subandi, minta doa dari semua warga masyarakat Sidoarjo, supaya kompetisi yang digelar oleh Kementerian PAN dan RB tahun 2022 tersebut, inovasi dari Kab Sidoarjo itu bisa lolos.

Menurut Kepala Bagian Organisasi Pemkab Sidoarjo, Arif Mulyono SSTP MAP, inovasi pelayanan publik Sipraja ini pada tahun 2021 lalu, sempat menjadi juara dalam kompetisi inotek yang digelar oleh Balitbang Prov Jatim. Juga menjadi juara dalam Kovablik yang digelar oleh Biro Organisasi Pemprov Jatim. “Pada Bulan Oktober mendatang, lolos dalam 45 kompetisi pelayanan publik Kemenpan RB ini akan diumumkan,” kata Arif, saat dihubungi Minggu (10/7) kemarin.

Arif mengatakan inovasi Sipraja ini, sebelumnya telah lolos dalam tingkat TOP 90 pada 13 Juli 2022. Inovasi Sipraja ini sempat bersaing dengan 3.000 proposal inovasi pelayanan publik dari seluruh Kab/Kota di Indonesia. Arif juga sempat menyampaikan, dalam Kompetisi inovasi pelayanan publik di TOP 45 ini, Kab Sidoarjo awalnya sempat mengusulkan ada 7 inovasi. Namun yang lolos hanya inovasi Sipraja.

Enam inovasi pelayanan publik yang sempat tidak lolos ke TOP 45 itu, diantaranya ada 1 dari RSUD, 2 dari Dispendukcapil, 1 dari Dinas P3AKB, 1 dari Dinas Pangan dan 1 dari Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kab Sidoarjo. “Enam inovasi diatas hanya lolos pada seleksi administrasi saja. Masih ada sejumlah rekomendasi untuk perbaikan kembali,” sebut Arif.

Saat presentasi dan wawancara dihadapan 4 juri dari tim KemenPAN RB, akhir pekan lalu, yang disampaikan oleh Wabup Subandi, Arif mengaku optimis inovasi Sipraja akan bisa lolos dalam tingkat TOP 45. Menurut Arif, ada salah satu tim juri sempat mengapresiasi dan mengutarakan kalau inovasi pelayanan publik Sipraja itu, bisa dijadikan sebagai salah satu role model mall pelayanan publik (MPP) secara virtual.[kus.ca]

Tags: