Jatim Travel Mart Gali Potensi Wisata Kediri

Jatim Travel Mart 2014.

Jatim Travel Mart 2014.

Kab Kediri, Bhirawa
Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Jawa Timur optimistis pelaksanaan Jatim Travel Mart 2014 di Kabupaten Kediri pada 2-4 November 2014 mampu menggali potensi berbagai objek wisata di wilayah tersebut.
Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Jawa Timur Dwi Cahyono, menyatakan pihaknya mengajak sebanyak 60 buyer yang merupakan agen perjalanan wisata dari berbagai provinsi di seluruh Indonesia. Mereka berasal dari agen perjalanan wisata dan event organizer MICE (Meeting, Incentive, Conference and Exhibition) ternama.
“Misalnya dari Jakarta, Solo, Semarang, Jogjakarta, Bandung, Medan, Bali, Lombok, Banjarmasin, Samarinda, Balikpapan, Pontianak, Riau, Makassar, Palembang,” katanya di Pendopo Kabupaten Kediri, Selasa (4/11).
Sementara, hampir 70 peserta seller berasal dari travel agent, perusahaan hotel dan restoran, pemilik objek wisata, pengusaha oleh-oleh, dan kerajinan ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang didukung penuh oleh Pemkab Kediri ini. Selain dari wilayah Kediri Raya, para seller ini juga berasal dari kabupaten dan kota se-Jawa Timur.
“Jatim Travel Mart merupakan salah satu terobosan penting yang kami lakukan guna mempromosikan potensi wisata daerah di seluruh Jawa Timur. Setiap tahun agenda pasar wisata tersebut sengaja digelar berpindah dari satu kota ke kota lainnya,” katanya.
Ia optimistis, kegiatan Travel Mart yang terdiri dari Travex, Famtrip, Diskusi, dan Exhibition yang diselenggarakan beberapa hari langsung di lokasi potensi objek wisata diharapkan bisa menambah daya tarik wisatawan. Apalagi, setiap daerah di Jawa Timur mempunyai ciri khas budaya, seni, kuliner, bahasa, busana, arsitektur, bangunan yang berbeda sehingga berbeda pula teknis dan strategi promosinya.
“Kami ingin Jawa Timur tetap menjadi destinasi wisatawan domestik yang utama dan terbesar di Indonesia. Untuk itu, kami mengerahkan semua pelaku bisnis wisata seperti Kadin Jatim, PHRI Jawa Timur, ASITA Jawa Timur, HPI Jatim, dan juga ASPPI Jawa Timur,” katanya.
Pada kesempatan sama, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur Jarianto menyambut baik dan mendukung penuh gelaran Jatim Travel Mart di Kediri ini. Hal itu disebabkan Jawa Timur memiliki 767 objek wisata baik alam, religi, buatan juga seni budaya. “Besarnya potensi itu perlu disosialisasikan secara luas dan dipromosikan ke seluruh nusantara. Khususnya Kediri yang memiliki beragam objek wisata menarik,” katanya.
Wakil Bupati Kediri Masykuri mengemukakan, pihaknya bangga bisa menyambut para peserta buyer Jatim Travel Mart 2014 yang berasal dari penjuru Nusantara. Apalagi, awal 2014 Gunung Kelud sudah menyapa hampir seluruh Jawa sampai Tasikmalaya dengan abu vulkaniknya. [mb2]

Tags: