Siswa SMKN 3 Kreatif Berwirausaha di Tengah Pandemi

Suasana pembuatan produk Sokya shopping bag yang bisa dilipat seperti dompet. [achmad suprayogi]

Sidoarjo, Bhirawa
Kondisi pandemi tak menyurutkan siswa kelas X SMKN 3 Buduran Sidoarjo terus belajar mandiri. Belajar kewirausahaan dengan Program Student Company merupakan bagian dari program edukasi Youth Entrepreneurship through A Digital Approach Initiative digagas Prestasi Junior Indonesia bersama Citi Indonesia dan didukung Citi Foundation.
Menurut Guru Pembimbing, Wiranti Pudjiasturi, program ini dirancang Prestasi Junior Indonesia untuk membekali siswa dalam bidang kewirausahaan, yang anggotanya 14 siswa kelas X yang sudah melalui proses seleksi sebelumnya.
Wiranti menjelaskan, para siswa dibekali materi mulai dari mencari ide bisnis, membuat bisnis plan dan bagaimana mencari investor dengan menjual saham perusahaan melalui launching perusahaan. Setelah proses launching pada 18 April selesai, selanjutnya tahap produksi. Untuk penjualan produk perusahaan harus mampu menjual produk dengan fokus pada digital marketing.
Seperti pada umumnya perusahaan Syailedra Student Company mempunyai lima devisi, yang dipimpin seorang Presiden. Yaitu divisi produksi, commercial, finance, HRD dan Public Relation. Masing-masing divisi bekerja sesuai dengan tugas dan tanggungjawabnya dan sesuai dengan Standart Operational Prosedure yang telah ditetapkan pada awal pendirian perusahaan.
Sementara itu, Presiden Syailendra Ahmad Rafi Fauzi menjelaskan, Syailendra Student Company mempunyai produk berupa tote bag yang diberi nama Sokya, mempunyai dus varian, Yaitu Sokya Shopping Bag yang bisa dilipat seperti dompet dan Sokya Outdoor yang terdiri dari tiga lapis kain. Bahan kain untuk tote bag dari bahan canvas.
“Latar belakang produk tersebut dibuat untuk mengurangi penggunaan tas belanja dari plastik mereka menyebut dengan istilah diet kantong plastic. Syailendra Student Company juga melakukan inovasi produk, yang diberi nama Elio bag, yaitu tas serba guna yang mempunyai keunggulan teknologi sel surya yang dapat digunakan untuk mengisi battrai HP dimanapun saat membawa tas ini,” katanya.
Elio Bag bisa dipakai dengan sebagai tote bag, backpack (ransel), dan sling bag (selempang) dapat menampung bawaan lebih banyak dan juga terdapat tempat laptop. Elio Bag dibuat dari bahan kain caldore yang relatif tahan air jadi aman dipakai pada saat hujan.
Sementara untuk kegiatan Public Relation, Syailendra Student Company telah menyelenggarakan beberapa kegiatan, yaitu memperkenalkan perusahaan dengan memanfaatkan media social berupa Instagram (Syailendra.Sc) dan kegiatan CSR dengan memasang poster terkait dengan penggunaan kantong plastik dan kampanye 6M, membantu mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi Protokol Kesehatan pada masa pandemi ini.
Terkait dengan tema Program Student Company yaitu digital marketing. Syalendra memanfaatkan penjualan dengan cara membuka toko online dan penjualan dengan memanfaatkan media social (WA bisnis).
“Promosi yang dilakukan divisi commercial dengan mengoptimalkan IG, story masing-masing anggota SC dan melalui pertemanan di media social yang juaga ternyata masih cukup efektif untuk membantu mendongkrak jumlah penjualan,” jelas siswa kelas XI Teknik Pendingin dan Tata Udara. [ach]

Tags: