Kemahasiswaan Filkom Meluncurkan Portal Informasi Layanan Kemahasiswaan

Foto Ilustrasi

Malang, Bhirawa
Bagian kemahasiswaan Fakuktas Ilmu Komunikasi (Filkom) menciptakan Portal Informasi Layanan Kemahasiswaan (Porski), laman ini berbasis web yang diintegrasikan dengan fitur Google Form.
Ide pembuatan Porski ini berasal dari Hermawan Dwi Putra SH MH dan Dyah Anggraeni SE, keduanya merupakan bagian Bimbingan Kemahasiswaan dan Koordinator Tata Usaha Filkom
Porski sangat membantu dalam bidang layanan kemahasiswaan, apalagi di masa pandemi saat ini sehingga memudahkan mahasiswa dalam pengurusan berkas administrasi yang berkaitan dengan kemahasiswaan.
Porski ini dari sisi bagian kemahasiswaan menciptakan sistem untuk merekap data pengajuan dari mahasiswa sesuai standar yang ditetapkan fakultas. Data tersimpan dengan rapi pada Google Drive Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan (Simkatmawa), Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (Sakip), dan Indeks Kinerja Utama (IKU), serta akreditasi. Selain itu dari sisi pegawai kemahasiswaan akan mempermudah dalam membuat laporan capaian kinerja pegawai serta menciptakan efisiensi waktu dalam proses pengajuan sampai selesai.
“Dari sisi mahasiswa adalah terciptanya proses manajemen pengajuan berkas kemahasiswaan dalam mendaftar dan mengetahui antrian wisuda sehingga mahasiswa dapat setiap waktu mengetahui dan memonitor perkembangan status antrian wisudanya,” tutur Hermawan.
Hermawan menjelaskan, Porski juga memberikan kepastian atau informasi yang valid mengenai info wisuda melalui website resmi fakultas. Ide untuk menciptakan Porski ini berasal dari kurangnya pengumuman secara informatif kepada mahasiwa tentang pendaftaran dan proses serta info antrian wisuda di lingkup fakultas, sehingga mahasiswa tidak dapat memantau pengajuan wisudanya.
Kemudian proses pendaftaran yang kurang efisien seperti adanya antrian di Lorong Gedung F Filkom, lantai 6 setiap ada pembukaan wisuda. Dengan sistem seperti itu maka proses administrasi di bagian kemahasiswaan tidak dapat berjalan secara maksimal karena mengalami penundaan pada tugas yang lainnya.
Terakhir karana masa pandemi saat ini yang membuat mahasiswa tidak dapat ke kampus dan mengurus segala sesuatunya secara online. Diharapkan program ini tidak hanya melalui web tapi juga dapat berkembang melalui aplikasi mobile yang tersedia di Play Store atau App Store sehingga dapat menjangkau mahasiswa lebih luas kedepannya. [mut]

Tags: