Persipura Vs Persebaya Curi Poin dengan Strategi Disiplin

15-bayaSurabaya, Bhirawa
Perjuangan berat harus dihadapi Persebaya untuk bisa mencuri poin di kandang Persipura Jayapura. Pada pertandingan yang digelar hari ini, Selasa (15/4) di Stadion Mandalan, tim yang dilatih oleh Rachmad Darmawan (RD) tidak bisa turun dengan kekuatan penuh karena beberapa pemain baru saja membela Timnas.
Namun, pelatih yang akrab disapa RD itu tetap optimis Persebaya bisa meraih poin dikandang lawan asalkan para pemainnya menerapkan disiplin tinggi dengan menjaga pergerakan pemain lawan  yang dikenal memiliki skill yang sangat bagus.
Persiapan Persebaya sendiri untuk menghadapi laga tersebut bisa dibilang tidak optimal. Ini menyusul banyaknya pemain yang bergabung dengan Timnas Senior dan Timnas U-23. Ada delapan pemain yang absen latihan sekitar dua minggu karena harus mengikuti pemusatan latihan Timnas.
“Nyaris hanya ada 10 pemain yang bisa mengikuti latihan bersama Persebaya, karena dua pemain lainnya cedera. Baru hampir sepekan terakhir kami berlatih dengan kekuatan lengkap. Tapi dengan pengalaman mereka, serta chemistry yang sudah ada sebelumnya, singkatnya waktu kebersamaan mereka dalam persiapan ini tidak akan jadi masalah,” ujar pelatih yang akrab disapa RD, Senin (14/4).
Bahkan sejak kompetisi Liga Super Indonesia 2014 digulirkan, Persipura merupakan satu-satunya tim yang belum terkalahkan hingga kini. Tak heran jika Persebaya sangat mewaspadai tuan rumah.
Pasalnya, Persipura selalu memiliki kekuatan ekstra jika tampil di hadapan publiknya sendiri. “Saya tahu persis bagaimana semangat para pemain Persipura jika main di kandang. Secara tim maupun individu, kekuatan mereka juga merata di semua lini,” ujarnya.
Bermain disiplin posisi, displin dalam mendukung pemain lainnya saat bertahan, serta koordinasi antar unit yang terjalin bagus dianggap sebagai penentu hasil akhir yang akan dicapai timnya di pertandingan ini. Sebab Persipura diyakini bakal mengandalkan permainan cepat dan aksi individu di atas rata-rata para pemainnya.
“Semua itu bisa dibendung kalau anak-anak tidak keluar dari pakem. Membiarkan para pemain Persipura leluasa bergerak sama saja menyulitkan diri kita sendiri. Karena itu, anak-anak harus tampil optimal,” jelas mantan pelatih Persipura itu.
Soal absennya tiga pemain pilar Persipura, Ruben Sanadi, Gerald Pangkali dan Ian Luis Kabes karena skrosing Komisi Disiplin PSSI, RD tetap tak melihat ada titik lemah pada kubu Persipura. Pasalnya, kualitas para pemain pengganti yang dimiliki Jacksen F. Tiago tidak kalah dengan ketiga pemain itu.¬† “Keuntungan Persipura, mereka memiliki pemain yang kualitasnya sama antara starter dan cadangannya. Apalagi di setiap posisi mereka punya pelapis lebih dari satu. Karena itu, kekuatan mereka tidak berkurang meski ada yang absen,” ujar RD.
Sementara Jacksen F. Tiago sendiri menyatakan, tanpa ketiga pemain itu tentu ada pengaruhnya, meski tidak banyak. Namun ia tetap optimistis timnya tetap bisa tampil optimal karena mereka sudah lama bermain bersama.
Persipura sendiri merupakan satu-satunya tim yang belum terkalahkan di Wilayah Timur. Dari lima pertandingan yanng sudah mereka jalani. Persipura meraih dua kemenangan dan tiga kali hasil imbang.
Dengan modal tersebut, Jacksen F. Tiago membidik poin penuh pada pertandingan lawan Persebaya ini. Bagi Jacksen, kemenangan atas Persebaya sangat penting karena kompetitor langsung. “Kalau kita menang, otomatis posisi kami akan bagus. Minimal kami lebih aman dan upaya kami untuk terus menjaga peluang lolos ke fase berikutnya lebih ringan,” jabar Jacksen.
Hanya saja, ia menyadari tak akan mudah mewujudkan target tersebut. Menghadapi Persebaya yang dihuni pemain berkualitas di setiap lininya, diyakini butuh kerja ekstra keras. “Saya memang optimistis, tapi ini sepak bola, semua bisa terjadi. Sekarang yang terpenting bagaimana anak-anak bisa bermain stabil sepanjang pertandingan dan memaksimalkan setiap peluang,” katanya.
Jacksen sendiri berharap, timnya bisa memenangkan pertandingan ini. Karena menang atas Persebaya bisa mengangkat mental para pemainnya di pertandingan-pertandingan selanjutnya. “Setiap kemenangan sangat penting bagi mental anak-anak. Bukan karena Persebaya tim yang sarat prestasi dan bereputasi tinggi. Bagi kami, itu semua hanya aksesoris, karena kemenangan tidak ditentukan oleh catatan prestasi dan reputasi sebuah tim,” sebutnya. [wwn]
Prakiraan Formasi:
Persebaya (4-4-2): 12-Ferry Rotinsulu (K), 26-Alfin Tusalamony, 4-Ricardo Salampessy, 25-Manahati Lestusen, 59-Hasyim Kipuw (B), 22-Fandi Eko Utomo, 24-Julio Caesar, 11-Dedi Kusnandar, 18-M. Ilham (T) 10-Greg Nwokolo, 45-Emanuel Kenmogne(D)
Cadangan: 21-Thomas Ryan Bayu, 3-Vava Mario Yagalo, 5-Zainal Haq, Abdul Rahman Lestaluhu, 29-Ambrizal, 20-Novri Setiawan. Pelatih: Rahmad Darmawan.

Tags: