Tingkatkan Layanan, Dinsos Situbondo Gelar Sosialisasi Indeks Kepuasan Masyarakat

Kadis Sosial Kabupaten Situbondo Timbul Surjanto didampingi Sekdisos Rina Widhardarini dan Kabid Linjamsos, Indra saat acara sosialisasi IKM tahun 2023. [sawawi/bhirawa]

Situbondo, Bhirawa
Sedikitnya ada puluhan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan Kasi Kesra dari 17 kantor Kecamatan se-Kabupaten Situbondo mengikuti kegiatan sosialisasi Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), kemarin (18/12).

Kegiatan tersebut diselenggarakan di ruang pertemuan Dinas Sosial Kabupaten Situbondo dengan dipimpin Kepala Dinas Sosial Kabupaten Situbondo, Timbul Surjanto dan Sekretaris Dinas Sosial Rina Widhardarini serta Kabid Linjamsos, Indra.

Menurut Kepala Dinas Sosial, Timbul Surjanto, untuk mengukur indeks kepuasan masyarakat ada tiga komponen penting yakni pemberdayaan sosial, perlindungan dan jaminan sosial serta rehabilitasi sosial. Ketiga hal tersebut sangat erat kaitannya dengan kebutuhan masyarakat. “Ya itu kriteria yang masuk penilaian dan lebih mengutamakan pada pelayanan dari petugas Dinas sendiri,” ungkap Timbul Surjanto.

Sementara itu Sekretaris Dinas Sosial, Rina Widhardarini membenarkan jika Dinas Sosial Kabupaten Situbondo bertugas melakukan pengukuran IKM melalui sistem interaktif langsung dengan responden melalui medsos. “Dimana tiap responden wajib mengisi sebanyak 56 pertanyaan yang sudah disediakan. Responden itu sendiri meliputi 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Situbondo,” terang mantan Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo itu.

Rina melanjutkan tujuan dari pelaksanaan IKM tersebut untuk mengetahui secara langsung tentang tanggapan masyarakat terhadap pelayanan setiap OPD yang diberikan. “Ini akan kami jadikan sebagai bahan evaluasi agar ke depan bisa bekerja lebih baik lagi dari apa yang sudah di capai saat ini. Itu komitmen kami,” pungkas mantan Kabid Kesmas pada Dinkes Kabupaten Situbondo itu.[awi.ca]

Tags: