Dorong Pembelajaran Outing Class

Seiring dengan konsep Kurikulum Merdeka Belajar yang sering digaung-gaungkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, jika tercermati lebih menitikberatkan pada kemerdekaan dalam berpikir sekaligus berkreatifitas. Oleh karena itu, seorang guru haruslah banyak melakukan inovasi-inovasi dalam dunia pendidikan agar pendidikan bagi generasi bangsa bisa dianggap sebagai kebutuhan primer yang kedudukannya sejajar dengan kebutuhan primer yang lain seperti makanan, minuman, dan lain-lain.

Inovasi yang bisa dilakukan guru selaras dengan konsep Kurikulum Merdeka Belajar tersebut, salah satunya adalah bisa menerapkan metode outbound training (outing class) atau belajar di luar kelas atau di alam bebas. Realitas tersebut, penting untuk terperhatikan oleh guru, pasalnya guru sangat berperan penting dalam dunia pendidikan dan menciptakan generasi-generasi mendatang yang cerdas dan berwawasan tinggi yang akan membawa bangsa Indonesia menjadi bangsa yang diperhitungkan dalam dunia pendidikan. Terlebih, Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa tertuang jelas di UU RI No. 20, Tahun 2003.

Oleh sebab itu, inovasi pendidikan dalam dunia pendidikan di negeri ini meski mengikuti pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi agar dapat mencetak SDM yang berkualitas untuk mengatasi berbagai permasalahan yang timbul sebagai dampak pesatnya perkembangan informasi dan teknologi, maka peningkatan SDM merupakan salah satu syarat untuk mencapai tujuan pembangunan dan kemajuan bangsa dan negara. Salah satu wahana untuk meningkatkan SDM yang berkualitas adalah melalui pendidikan. Sehingga, saatnya guru-guru perlu melakukan inovasi-inovasi terhadap dunia pendidikan agar proses belajar dan pengajaran bisa membuat siswa menikmati pembelajaran yang dilaksanakan.

Berangkat, dari kenyataan itulah metode pembelajaran outbound meski mendapat perhatian bagi para pendidik atau guru agar proses pembelajaran, sehingga pembelajaran tidak monoton hanya di kelas sehingga metode pembelajaran outing class dimaksudkan agar siswa tidak jenuh dalam pembelajaran, pasalnya pembelajaran bisa dilakukan di luar kelas sehingga metode pembelajaran outing class dapat mendorong kreativitas siswa. Hal itu karena siswa dapat belajar secara langsung dari pengalaman mereka di lapangan.

Masyhud
Dosen FKIP Univ. Muhammadiyah Malang.

Rate this article!
Tags: