KONI Jatim Raih Penghargaan Pelopor Olahraga Indonesia

12-koniSurabaya, Bhirawa
Upaya Komite Olah raga Nasional Indonesia (KONI) Jatim untuk mengembangkan olah raga di daerah, akhirnya menuai hasil. Induk olah raga tertinggi di Jatim itu menerima penghargaan dari KONI Pusat sebagai Pelopor Bidang Pengembangan Olah raga Tingkat Provinsi. Penghargaan diberikan pada acara KONI Award yang digelar di Jakarta pada Senin Malam (10/3) dan diterima secara langsung Ketua Umum KONI Jatim, Erlangga Satriagung yang didampingi beberapa pengurus seperti Ketua Harian Dhimam Abror Djuraid, Bendahara Kadarusman, Kabid Binpres Irmantara Subagyo dan jajaran pengurus KONI lainnya.
Saat dihubungi melalui telepon genggamnya, Selasa siang (11/3), Erlangga mengaku bangga dengan pengarhargaan itu, karena KONI Jatim dinilai cukup berhasil mengembangkan olah raga di daerah.¬† ”Alhamdulillah, KONI Jatim menerima penghargaan dari KONI Pusat sebagai KONI daerah pelopor olah raga di Indonesia. Ini adalah bentuk apresiasi atas kinerja kami selama tahun 2013 lalu,” kata Erlangga.
Kemungkinan salah satu poin terplihnya KONI Jatim diacara itu karena mulai pertengahan 2013, KONI Jatim menerapkan sistem Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) persiapan PON XIX Jabar 2016 dengan menggunakan metode IPTEK.
Untuk merealisasikan program ini, KONI Jatim juga bekerjasama dengan Australia Barat untuk penerapan Iptek untuk meningkatkan mutu, kualitas serta prestasi olah raga di Jatim. ”Kami akan terus¬† berkomitmen untuk memajukan olah raga di Jatim,” tutur Erlangga.
Lebih lanjut, Erlangga menjelaskan, setelah Jatim gagal mempertahankan juara umum di PON XVIII Riau 2012, kini sudah mempersiapkan diri untuk kembali meraih juara umum di PON XIX Jabar 2016. ”Kami ingin menjadi barometer olahraga nasional dan menyumbang atlet terbanyak untuk membela Indonesia di event internasional. Selain itu kami juga menargetkan bisa meraih juara umum PON Jabar,” katanya.
Selain KONI Jatim, KONI Pusat juga memberikan penghargaan ke KONI provinsi seperti, Sumatera Selatan (Sumsel) dan DKI Jakarta. Jatim juga menempatkan karateka terbaiknya, Umar Syarief sebagai peraih penghargaan kategori atlet terbaik 2013. Umar bersanding dengan Muhammad Ahsan/ Hendra Setiawan (Bulutangkis), Maria Natalia Londa (Atletik), Triadi Fauzi Sidiq (Renang), Irene Kharisma Sukandar (Catur) dan Lindswell Kwok (Wushu). [wwn]

Tags: