Jadi Primadona Wisata, Maskapai Bersaing di Indonesia Timur

GI (!)Surabaya, Bhirawa
Destinasi wisata di Wilayah Indonesia saat ini menjadi primadona bagi para wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Peluang bisnis inlah yang membuat beberapa maskapai penerbangan bersaing untuk memberikan pelayanan dibidang transportasi udara.
Beberapa maskapai berupaya untuk menambah rute penerbangan, seperti AirAsia yang menambah rute penerbangan langsung yang menghubungkan Surabaya dengan Lombok. Kemudian SilkAir, anak perusahaan dari Singapore Airlines menyediakan layanan penerbangan harian ke Denpasar.
“AirAsia Indonesia kembali menorehkan tonggak sejarahnya melalui peluncuran rute domestik perdana ke kawasan Nusa Tenggara Barat. Saat ini AirAsia Indonesia telah melayani sebanyak 11 rute domestik dan peluncuran rute terbaru ini sejalan dengan rencana pengembangan konektivitas maskapai di tanah air,” ungkap Presiden Direktur AirAsia Indonesia, Sunu Widyatmoko, Kamis (13/11).
Penerbangan Surabaya-Lombok itu akan dioperasikan setiap hari (7 kali seminggu) mulai 15 Desember 2014 menggunakan armada Airbus A320 dengan kapasitas 180 penumpang. Selain itu AirAsia akan melengkapi rute internasional Lombok -Kuala Lumpur (saat ini 10 kali seminggu-akan menjadi 14 kali seminggu mulai 23 Januari 2015) dan Lombok -Johor Bahru (3 kali seminggu) yang dioperasikan oleh AirAsia Malaysia (AK).
“Kami berharap pembukaan rute penerbangan ini dapat memberikan pilihan yang lebih beragam bagi masyarakat Surabaya dan Lombok sehingga nantinya dapat semakin mendukung aktivitas bisnis dan pariwisata antar kedua kota tersebut,” harap Sunu.
Sementara SilkAir, anak perusahaan dari Singapore Airlines menyediakan layanan penerbangan harian ke Denpasar. Bersama dengan  empat penerbangan harian Singapore Airlines ke ibukota Bali ini, kedua maskapai akan menawarkan layanan lima penerbangan pulang-pergi setiap harinya, namun masih tergantung pada persetujuan dari pihak regulator.
“Peningkatan jumlah penerbangan ini menggambarkan komitmen Singapore Airlines Group dalam mengembangkan layanan penerbangan kami, serta memberikan tambahan pilihan dan kenyamanan bagi para pelanggan,” pungkas Senior Vice President, Marketing Planning Singapore Airlines, Lee Wen Fen.
Menurutnya, dengan mensinergikan jaringan kedua maskapai ini, pihaknya dapat meningkatkan pilihan konektivitas yang tersedia bagi para pelanggan melalui gabungan jaringan pada 99 kota di 35 negara.
Sedangkan menurut Chief Executive SilkAir, Leslie Thng, Bali merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat populer dengan beragam daya tarik seperti bangunan candi, keindahan pantai, serta pemandangan sawah. SilkAir sangat bangga memiliki kesempatan untuk menghubungkan wisatawan dari seluruh dunia ke destinasi wisata terbaik ini terhitung mulai dari tanggal 12 Desember. [ma]

Tags: