Penerapan Aplikasi SIPRAJA di Sidoarjo

Dalam era saat ini, pemanfaatan e-government bagi birokrasi dapat diharapkan sebagai alternatif bagi reformasi birokrasi untuk menuju pelayanan publik menjadi lebih baik. Untuk menjawab tantangan tersebut, pemerintahan Sidoarjo menerapkan inovasi pelayanan publik berupa aplikasi SIPRAJA.

Inovasi dari aplikasi SIPRAJA ini dapat mewujudkan pelayanan publik secara cepat dan tidak dapat menimbulkan pemborosan bagi pemerintahan sebagai pelayanan publik dan penduduk sebagai penerima pelayanan.

Dengan adanya aplikasi SIPRAJA ini masyarakat cukup menggunakan 1 aplikasi di smartphone masing-masing, masyarakat juga dapat mengajukan pelayanan dari rumah.

SIPRAJA yaitu aplikasi yang berbasis web untuk membantu masyarakat dalam masalah administrasi kependudukan. Didalam aplikasi tersebut dibagi menjadi 3 tipe yaitu, Tipe A yang terdiri dari Surat Keterangan Kelahiran, Surat keterangan Tidak Mampu, Surat Keterangan Kematian, dan Lain-lain. Tipe B terdiri dari Surat Pengantar KK dan KTP dari Desa, Surat Keteranagan Pindah, Surat Keterangan Umum Kecamatan, dan Lain-lain. Tipe C yang terdiri dari Surat Izin Mendirikan Bangunan, Kartu Pencari Kerja (AK-I), Izin Usaha Mikro Kecil (UMKM), dan Lain-lain.

Dalam waktu yang panjang, aplikasi SIPRAJA ini juga dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Sidoarjo. Aplikasi SIPRAJA ini sendiri dapat mempermudah masyarakat dalam mengurus segala surat menyurat tanpa adanya bolak balik ke kantor kelurahan desa untuk mengambil persyaratan yang harus dipenuhinya. Masyarakat hanya cukup mengecek terlebih dahulu melalui website kemudian mereka dapat melengkapi persyaratan tersebut baru mereka pergi ke kantor desa sehingga dapat mempersingkat waktu yang lebih efisien dan praktis.

Tetapi disisi lain aplikasi SIPRAJA ini memiliki kelemahan yaitu masyarakat yang ketinggalan teknologi seperti lansia kesulitan dalam mengakses persyaratan sehingga masyarakat perlu bolak-balik ke kantor kelurahan desa.

Halimatus Laili Nur Qomariyah
Mahasiswi Prodi Administrasi Publik-Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Tags: