Wartawan Bhirawa Terima Anugerah Adicipta Mediatama

17-whyJakarta, Bhirawa
Wartawan Harian Bhirawa Wahyu Kuncoro SN berhasil memenangkan penghargaan anugerah Adicipta Mediatama dari PT Semen Indonesia untuk kategori akademisi. Melalui tulisannya yang berjudul Memperkuat Pasar Domestik, Meretas Pasar Global, wartawan yang juga dosen mata kuliah Penulisan Berita dan Feature di Fikom Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) ini berhasil menjadi juara 1 dengan menyisihkan ratusan peserta yang berasal dari berbagai perguruan tinggi se Indonesia.
Ketika ditemui Bhirawa di kantor Dewan Pers Jakarta akhir pekan kemarin, Wahyu mengaku merasa surprise dengan penghargaan tersebut.
“Saya merasa karya peserta lain bagus-bagus, tetapi ternyata dewan juri punya penilaian tersendiri,” ungkapnya kalem. Selain menerima piagam dan piala, ayah dari Risyad Nazhir Aqila dan Almira Arsya Izzaty ini juga berhak mendapatkan hadiah uang senilai Rp25 juta rupiah. Ketika ditanyakan alasan lebih memilih ikut kategori akademisi dibanding kategori wartawan, redaktur pengelola halaman opini ini mengaku ingin mencari tantangan baru.
“Kalau menang di kategori wartawan itu sudah biasa, saya ingin tantangan baru,” jawabnya santai.
Penghargaan Adicipta Mediatama adalah penghargaan yang diberikan PT Semen Indonesia setiap tahun kepada karya tulis terbaik tentang Semen Indonesia. Tahun ini, penghargaan Adicipta Mediatama diberikan untuk tiga kategori yakni wartawan tulis, fotografer dan akademisi.
Salah satu anggota tim juri Lutfhiel Hakim menuturkan ada peningkatan jumlah dan kualitas karya peserta dalam lomba kali ini.
“Kalau tahun sebelumnya pemenang lebih dominan dari Jatim, maka tahun ini banyak pemenang yang berasal dari luar Jatim,” jelas mantan Kabiro Surabaya Bisnis Indonesia¬† ini.¬† Bersamaan dengan penyerahan anugerah Adicipta Mediatama, juga dilangsungkan penyerahan penghargaan Pena Mas untuk Dirut PT Semen Indonesia Dr Ir Dwi Sutjipto.
“Penghargaab Pena Emas adalah penghargaan tertinggi dari PWI yang diberikan kepada tokoh yang dinilai berjasa terhadap dunia pers,” jelas ketua PWI Pusat Margiono. [ira]

Keterangan Foto : Dosen UKWMS Wahyu Kuncoro, ST, MMedkom (kanan) saat menerima penghargaan dari Dirut PT Semen Indonesia Dr Ir Dwi Sutjipto. [ira/bhirawa]

Tags: