Tiga Profesor Berebut Kursi Rektor

Carek Unesa Dipoling Hari Ini
Surabaya, Bhirawa
Pergantian Rektor Universitas Negeri Surabaya (Unesa) tinggal menunggu hitungan hari. Sebelum senat membuat keputusan, panitia pelaksana rencananya bakal menggelar poling yang ditujukan melibatkan seluruh mahasiswa, karyawan dan dosen Unesa, hari ini Selasa (18/3).
Dalam poling tersebut, ketiga calon akan diperhitungkan elektabilitasnya sacara langsung di seluruh civitas akademika. Calon yang dinilai dekat dengan mahasiswa, karyawan dan dosen, diprediksi akan mendulang suara tertinggi. Diantara ketiga calon tersebut antara lain, Prof Nur Hasan, Prof Warsono dan Prof Yaitm.
Hasil poling akan menjadi pertimbangan khusus bagi senat dan kementerian dalam menentukan Pemimpin baru Unesa. “Meski tidak berpengaruh secara langsung, terhadap rapat senat, setidaknya hasil dari polling ini bisa dijadikan bahan pertimbangan,” tutur Wakil Ketua Ikatan Alumni Unesa¬† Choirul Anam, Senin (18/3).
Salah satuhal yang menarik dalam Pilrek Unesa kali ini ialah munculnya nama Prof Nurhasan dari Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK). Calon Rektor dengan nomor urut 1 ini kabarnya telah menarik seluruh kalangan Civitas Akademika Unesa. Mulai dari mahasiswa, dosen hingga karyawan. “Kami optimis polling pemilihan rektor akan dimenangkan oleh Nurhasan. Keluarga besar Unesa sudah memprediksi ini karena sebagian besar memang mendukung beliau,” ungkap dia.
Harapan ini cukup mendasar, Anam mengatakan, Prof Nur Hasan merupakan Wakil Rektor yang sekaligus alumnus Unesa. Dengan demikian, selain berpengalaman, Prof Nur Hasan dinilai memahami betul karakter pendidikan dan seluruh seluk beluk Unesa.
Salah satu Pengurus BEM Unesa Pendi Setyawan turut berkomentar, banyak dari kalangan mahasiswa memang menghendaki Prof Nur Hasan untuk menjadi rector berikutnya. Alasannya adalah karena beliau dikenal sebagai sosok yang sederhana, tegas, dan mampu menjaring aspirasi dari seluruh civitas akademika Unesa.
“ini bukan pendapat saya secara personal, melainkan hasil diskusi saya bersama rekan-rekan mahasiwa di Unesa yang mengehendaki agar Prof Nur Hasan bisa memimpin Unesa 4 tahun mendatang.” Ujar mahasiswa yang duduk di Prodi Manajemen ini. [cty.tam]

Rate this article!
Tags: